[Resep Makanan Korea] Bikin Kimchi Sendiri..

2 Jan

Kimchi, asinan sayur berbahan sawi putih bercitarasa khas Korea ini sudah mendunia. Rasanya belum sempurna kunjungan ke Korea jika melewatkan mencicipi seni kuliner yang sohor ini. Bahkan, jika Anda sudah bangga telah menyantap bulgolgi (kuliner Korea berbahan dasar daging yang ditumis manis) tak ada artinya jika belum menyentuh kimchi.
Sekilas rasa kimchi yang asam, asin, dan pedas mirip dengan asinan sayur Bogor. Bedanya, di tempat aslinya, kimchi bisa begitu asam, begitu pedas, sekaligus asin. Paduan rasa yang luar biasa untuk dilupakan begitu saja. Lantaran sudah begitu kondangnya, kimchi kini mudah di temui di seluruh Korea karena dikemas sebagai makanan siap santap.

Bahan-Bahan :
1 buah sawi putih
1/2 buah bawang bombay, iris tipis
1/4 btg wortel, iris tipis memanjang
1/4 btg lobak putih, iris tipis
4 btg daun bawang.
2 sdm bawang putih, parut
1 sdt jahe, parut
1/2 gelas bubuk cabe Korea
2 sdt garam
1 sdm gula
1/2 gelas garam kasar/garam laut
1 gelas air cup water
1/4 gelas saus ikan Korea
1/3 gelas air
1 sdm tepung

Cara Mengolah :

1. Belah sawi putih menjadi 4 bagian, cuci dan tiriskan. Potong daun bawang menjadi irisan kecil-kecil.
2. Campur 1/2 gelas garam kasar dan 1 gelas air. Masukkan sawi putih ke dalam campuran air garam dan rendam 6-8 jam atau semalam. Cuci dan keringkan.
3. Masukkan 1/3 gelas air dan 1 sdm tepung ke dalam panci di atas api sedang, aduh rata hingga mendidih lalu matikan apinya. Diamkan.
4. Setelah campuran tepung dan air dingin, masukkan bubuk cabe Korea, garam, gula, saus ikan Korea, bawang putih parut dan jahe. Aduk rata lalu masukkan semua sayuran yg tersisa (daun bawang, lobak, wortel).
5. Ambil satu bagian sawi putih lalu isi dengan campuran di atas. Usahakan agar sawi dapat dilipat dua lalu bungkus dengan bagian daunnya.
6. Letakkan di dalam wadah kedap udara dan biarkan semalaman lalu simpan dalam kulkas selama 2-3 hari.
7. Hidangkan dengan nasi.

cr : Fibby+koreanakitaku

reshare by flawhiteuk@koreanchingu


50 Tanggapan to “[Resep Makanan Korea] Bikin Kimchi Sendiri..”

  1. yuli 4 April 2014 at 9:28 PM #

    seminggu dikorea tiap makan selalu ada khmchi,ternyata itu yg buat orang korea selalu ramping n kulitnya mulus2

  2. rorolaksmi 28 Februari 2014 at 1:53 PM #

    aku jg td nyoba tp lom tw rasanya gimana,kyknya sih seger bgt

  3. Pojok Manfaat 23 Oktober 2013 at 8:43 PM #

    Terimakasih resep kimchinya ya. Saya coba buat sendiri di rumah. Memang perlu kesabaran sih, soalnya baru bisa dimakan setelah 3 hari he he he

  4. grosir baju bali murah 11 Februari 2013 at 10:37 AM #

    enak banget rasanya bisa aku coba dirumah ah mikmatnya

  5. ijal@igor 30 Januari 2013 at 1:08 AM #

    thank’s y resepnya … membantu banget …
    tolong resep yg lainya juga di share y … ;)

    khamsahamnida

  6. Resep Makanan 23 Desember 2012 at 3:03 PM #

    Ooh, jadi ini yang namanya Kimchi? Berbahan dasar sawi putih saja ya? Untuk membuat rasa manisnya bagaimana ya?

  7. @mintorogo 30 Agustus 2012 at 6:37 PM #

    Tambahkan vinegar buat rasa asamnya, pasti lebih tooop.
    Salam

  8. Scroll Atanydnafre 14 Agustus 2012 at 11:55 AM #

    namanya kimchi korea. yaa harus sama persis seperti kimchi korea, jgn berubah jd kimchi indonesia.
    Cabe bubuk korea (wajib) tidak sama dengan cabe tropis di indonesia, cabe korea tidak pedas. kalo kimchi pedas yaa bukan kimchi korea.
    kecap ikan penting untuk citarasa, kalo diganti saos tiram jadi beda, nanti ga dapet rasa kimchi yg khas.

  9. lothuz nina ramajnie 5 Agustus 2012 at 2:50 PM #

    Kalo saus ikan bisa ga diganti pake saus tiram??

    Eh, btw thx resep.a.. Berguna bgt buat ku..

    Kamsahamnida chingu..

  10. lothuz nina ramajnie 5 Agustus 2012 at 2:48 PM #

    Kalo saus ikan bisa ga diganti pake saus tiram??

    Eh, btw thx resep.a.. Berguna bgt buat ku..

  11. Niken Utami 28 Juni 2012 at 6:18 PM #

    sip, nemu juga akhirnya.. hha

  12. thalib 22 Juni 2012 at 8:10 PM #

    pengen banget bikin… tapi di rumahku ada masalah
    buat bikin gituan :(

  13. Liea ThuBrandonizerslalu 30 Mei 2012 at 10:56 AM #

    ihh waw , sesuatu banget ..
    jadi pgen deh chingu..

    khamsahamnida

  14. mona 23 April 2012 at 10:45 PM #

    untk resep kimchi kn ada saus ikan korea bila di ganti pke saori saus tiram gimana? engga skt perut kn?

  15. suyatina 15 April 2012 at 11:10 PM #

    saya jadi lapar nih!ingat kimchi…

  16. janu 23 Februari 2012 at 4:09 PM #

    pngeeeeeeen buat……. he he he

  17. firas 22 Februari 2012 at 10:19 AM #

    tepung pa yg di pake min?

  18. sissi 28 Januari 2012 at 9:31 PM #

    ijin copas yaaa… thanx for the recipe :) would like to try this..

  19. tia 28 Desember 2011 at 2:10 PM #

    Izin copas ya sista. Boleh dunk?! He
    Trim’s before.. :)

  20. blair 15 Desember 2011 at 4:11 PM #

    ok deh bakal belajar buatnya..

  21. ari 14 Desember 2011 at 8:34 PM #

    masakan korea mantep juga, bikin ngiler,,, tapi masakan indonesia no 1 dan fress,, kita selalu punya sayur,, kapanpun itu… indonesia nice vegetable, jadi gak perlu buat asinan sayur kimci…

  22. nispu arsyanti 5 Desember 2011 at 1:22 PM #

    uh liatnya ja udah enak apa lagi bkin dan nyicipin sendiri waahhhh malah tambah mantap niihhh
    makasih y da ngasih resep nya

    igsughan insa ^_^

  23. Rya Wulandari (@wo3l4n_xly) 2 Desember 2011 at 8:46 PM #

    wah, pengenn tuh, mudah ga si buatnya?? hehehe :D

  24. Yuni Ismirawati 12 November 2011 at 10:09 PM #

    jadi pengen nyoba bikin kimchi nih……seger kayaknya….

  25. shin ae jong 11 November 2011 at 4:54 PM #

    bahan2 nya tuh d indo ada semua kah??
    saus ikan gantinya apa ya??
    gomawo..

  26. Afif Niki 9 November 2011 at 7:50 PM #

    utk cabai.ny itu bubuk atau pasta cabai korea (gochujang) ??

  27. arin selaLuw SeTya 25 September 2011 at 8:04 AM #

    anyeong haseyo etosi minika…………..?? like kimchi…………… like&love korean

  28. kim hye ma 9 September 2011 at 5:05 PM #

    hmm,..i want make kimchi…:D

  29. ushanchud 2 September 2011 at 3:56 PM #

    hai cingu selain kimchi ada resep lain gug??

  30. Hendro 2 September 2011 at 2:39 PM #

    Bahan bikin kimchi byk di Lottemart. Saus ikan bisa diganti kecap ikan thailand. Karena di korea 4musim makanya cabe dibikin bubuk. Ganti pake aja cabe keriting+cabe merah biar merah nya mantep.

  31. OkKyu 31 Agustus 2011 at 9:19 PM #

    ohhh jadi itu bubuk cabe am saus ikan boleh digantikan chingu? ahhh paling rasanya nyerempet dikit gak pa2.. hahaha

  32. Megha woo 31 Agustus 2011 at 2:42 AM #

    Mkin tepung maizena x ya.. Ya kreatifan sndri aj ga pa2 kali ya..hehe bubuk cabe indo ma saus ikan biasa..jdnya kimci indonesia hahahaha ya dr pd gda seh.. Thanks chingu..

  33. chokyuminho 28 Agustus 2011 at 8:16 AM #

    ching, ini tepungnya pake tepung apaan?

  34. K-POPERS forever 15 Agustus 2011 at 5:42 PM #

    hmm misalnya bubuk cabe’a bukan bubuk cabe korea apa gpp??jd pke bubuk cbe biasa gtu??trus lau gk pke saus ikan korea masih ttp enk gk ya???

  35. K-POPERS forever 15 Agustus 2011 at 5:42 PM #

    hmm misalnya bubuk cabe’a bukan bubuk cabe korea apa gpp??jd pke bubuk cbe biasa gtu??trus lau gk pke saus ikan korea masih ttp enk gk ya???

  36. tripl3s 13 Agustus 2011 at 6:57 PM #

    waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahh,.. makasih banyak chingu udah post resep kimchi.. aku mau nyobaiin

  37. grace 11 Agustus 2011 at 1:57 PM #

    kalo mau beli bahan2 masakan korea dmn y ?

    • dianadriana 11 November 2011 at 3:06 PM #

      Saus ikan korea ada di lotte mart kok. Murah juga 10rban #bknkomenberbayar#
      Hehehee :)

  38. maia 9 Agustus 2011 at 7:20 PM #

    enak.pertama x q nyoba kimchi drestoran Taiwan…wahhh sueger puolll…

  39. Lies CaHya 4 Agustus 2011 at 9:06 PM #

    beli bubuk cabe korea ma saus ikan korea_nya dipasar ada gag yaaaaaaaaaaaaaaa
    jauh kali di korea xixxixixixix

  40. rachmat 2 Agustus 2011 at 3:15 PM #

    nyari saos ikan dmn?

  41. Galih 30 Juli 2011 at 11:27 AM #

    anakmuslim.blogspot.com

  42. nicky andreaz 3 Juli 2011 at 2:50 AM #

    enak gan
    kemarin barusan gw buat di rumah
    asin2 pedas plus seger rasanya
    karena ga da bubuk cabe gw pake cabe kering
    karena ga da saus ikan jadi gw ga pake (lagipula itu sebenarnya optional kan)

  43. enda 9 Mei 2011 at 1:41 PM #

    saus ikan koreanya bs diganti gk ya?

  44. heni anggraeni 6 Mei 2011 at 8:05 AM #

    slm knl sblmnya.sy heni mo ngucapin mksh krna d sn sy dpt tmukan rsep kim chi.

  45. holie 16 April 2011 at 11:53 AM #

    pengen banged buatnya,,
    chinguu,
    beli bubuk cabe korea ma saus ikan korea dmn ya??

    huhuu

  46. my invisible leaders 3 Januari 2011 at 3:23 AM #

    Bru aja makan kimchi.enak bgt.hahaha

  47. jungsungyoungkyu 2 Januari 2011 at 3:31 PM #

    Hore….
    Aq mw bljr msak mskan k0rea.

    Pling g’ aq hruz tw, n chingu bnxkin resep2 mskan k0reanx yach…

    Gomaw0….

Trackbacks/Pingbacks

  1. [Resep Makanan] Kimchi « Tia's Blog - 28 Desember 2011

    […] : http://koreanchingu.wordpress.com/2011/01/02/resep-makanan-korea-bikin-kimchi-sendiri/#comment-19239 Like this:SukaBe the first to like this post. Categories: Kreasi Bakul Komentar (0) Lacak […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31.073 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: