Rahasia kulit putih orang Korea -bagian 1-

17 Jan

Selama ini kita melihat sebagian besar orang Korea di layar kaca memiliki kulit putih mulus, bening nan menggiurkan, bahkan banyak diantara masyarakat kita yang tersugesti bahwa semua orang Korea itu putih, mulus dan tentunya cakep!

Bahkan saking terkenalnya “putih” ala Korea, banyak sekali iklan di negara kita memakai label “Mau kulit putih mulus ala Korea”? “Putih seperti artis Korea” dll
Stigma Korea itu “putih” tentunya dibentuk oleh pandangan masyarakat kita, hasil dari “brainwashing”, drama drama Korea, Girlband dan Boyband nya terbungkus dalam kemasan Hallyu Wave.
Namun benarkah sebetulnya Korea itu putih dan mulus seperti penampakan di TV-TV? Mari kita lihat “fakta” dibalik tabir “putih Korea”
1. Kosmetik

Korea memiliki tingkat konsumsi kosmetik whitening yang signifikan, 9 dari 10 wanita Korea melakukan perawatan kulit  menggunakan bahan kosmetik mengandung whitening, dan hampir tiap 2 minggu sekali mereka melakukan berbagai macam perawatan kulit ke dokter mereka

Bagaimana dengan biayanya? tdak terlalu mahal, karena setengah dari biaya trsbt  ditanggung asuransi pemerintah (naver.com).Jadi jika kamu benar-benar ingin pergi ke Korea 2 hal yang harus kamu ingat selain wisata operasi plastik yaitu persiapkan diri dengan budaya perawatan kulit, orang korea sangat memperhatikan kesehatan dan “putih” kulit nya dengan berbagai maintenance produk, pagi dan malam, dimulai dari cleanser, toner, serum, day cream, sunblock, masker, eye cream serum dan night cream dan tak lupa perawatan chemical dokter kulit, makanya tak heran jika kamu lihat drama drama Korea,  kita akan lihat pemeran nya mau itu memilki strata sosial rendah  sekalipun , mereka masih  sempat memakai masker, atau memulas wajah mereka dengan nightcream,  dan tentu  pemakaian “wajib”  BB cream.

pramugari korea era 70’an – sblm budaya kosmetik pemutih

Btw ttg BB Cream, pernahkah  kalian mendengar kosmetik terkenal satu asal Korea ini?  BB cream merupakan tinted mosturizer yang berfungsi sebagai whitening dan anti kusam, disini saya tidak akan membahas seberapa efektif BB Cream memutihkan wajah kamu tapi sejenak kita akan tengok kandungan chemical yang membuat kulit kamu “putih” (anti pigmentasi kulit ) pada BB Cream Korea di bawah ini. BB cream trsbt adalah brand BB Cream Korea yang umum digunakan warga Korea.. coba lihat, adakah yang mengamati berapa nilai kandungan spf pada BB creamnya?

BB Cream spf 50 ++

sekarang coba bandingkan dengan spf pada kosmetik yang populer dipakai di Indonesia?

parasol-spf 30

Yeap kandungan spf BB cream Korea lebih besar nyaris 2 kali lipat dibandingkan  kosmetik Indonesia.
Mengapa kosmetik Korea spfnya lebih tinggi? padahal jika kita pikirkan spf itu sendiri berguna untuk memfilter sinar uvA matahari.
Kita tau, bahwa terik matahari di Korea tidaklah seterik di negara kita yang jelas- jelas beriklim tropis, namun mengapa mereka yang memiliki iklim dingin dan “terlahir putih mulus dari lahir ini” memakai kosmetik dengan spf lebih besar? , bahkan nilai spf ini biasanya pada  dunia medis digunakan untuk penderita sindrom lupus, yaitu suatu sindrom yang membuat orang tidak boleh terpapar sinar matahari.
Bukannya logika kita seharusnya berujung pada Indonesia itu semestinya memiliki kosmetik dengan kandungan spf lebih tinggi dibanding Korea?
Jika memang mereka benar-benar terlahir berkulit putih ala bule dan mulus, mereka tidak akan takut kulitnya gelap, justru mereka akan meng”gelap” kan kulitnya seperti yang orang bule lakukan, karena dimanapun  kau berpijak hukum ekonomi selalu berlaku bahwa “kelangkaan” adalah hal yang paling “banyak diminati” , ketika orang kulit tanned / eksotik langka di suatu negara, maka negara tersebut akan berlomba mentannedkan kulit mereka, dan vice versa jika di suatu negara langka orang yang berkulit putih, maka orang di negara tersebut akan melakukan berbagai cara supaya kulitnya terlihat putih , seperti halnya yang terjadi di Indonesia.
Kita dapat mengerti bahwa masyarakat kita begitu menginginkan kulit putih, pertama karena cuaca kita tropis sehingga membuat sebagian besar orang di negara ini memiliki kulit “yang eksotis” dan kedua memang karena alasan pertama , maka jarang orang yang memang benar benar memliki kulit putih.
Dari beberapa fakta diatas dapatkah kita ambil hipotesis bahwa sebenarnya orang Korea sendiri “tergantung” pada kosmetik whitening high spf itu karena sebagian besar masyarakatnya tidak memiliki kulit putih-mulus? well kita lihat dulu pembahasan selanjutnya di bagian 2 nanti

Berbagi oleh dms @ Korean Chingu | Sumber infounik1001

Follow me

@DzuriahMelindaS

About these ads

21 Tanggapan to “Rahasia kulit putih orang Korea -bagian 1-”

  1. Vivi Legala 28 Februari 2014 at 3:11 PM #

    Putih memang lebih cantik. Dgn wajah yg sama tapi dgn kulit yg beda akan terlihat yg putih lebih bersih dan cantik. Bidadari aja selalu digambarkan dgn wanita cantik berkulit putih. Coba kalau ada bidadari berkulit hitam pasti aneh..

  2. dans 29 Agustus 2013 at 1:26 PM #

    Bb creamnya nyari dmna? Klo ada di indonesia brapa kira2 yah? Hmm…

  3. fitri .ajha 4 April 2013 at 11:08 AM #

    hehe .kpan gw bsa ptih .kyak ranx korea..
    ud gw cba mcem2 cra tp nggk ad hsil ny~

  4. Lika 2 Maret 2013 at 7:45 PM #

    Dimanakah bisa diperoleh BB cream di Indonesia…??
    Berkali_kali nyari, sampe skrg belum ketemu jg.
    Bisakah admin membantu saya?
    Makasih.

  5. Indah 28 Februari 2013 at 10:26 AM #

    seenggak nya mereka masih mensyukuri apa yang mereka punya. tapi itu udh jadi “inspirasi” mereka untuk memiliki kulit hitam :P

  6. alay 25 September 2012 at 7:42 AM #

    cream BB di indo jual apa nggak

  7. hidausagi 10 Februari 2012 at 8:35 PM #

    saya bangga dengan kulit sawo mateng eksotis saya..

  8. wahwe 24 Januari 2012 at 10:20 PM #

    Dan langkah 2 bisa dgn suntik putih.Korsel adlh pengkosumsi Bedah Plastik tertinggi didunia jd segala hal bisa dilakukan org korsel biar tetap cantik mnurut pndngn mereka.Standar kecantikan ala korsel :
    1.Mata Double Eyelid (Belo-Belo)
    2.Bentuk tulang rahang tirus
    3.Tulang Hidung yang mancung
    4.Struktur wajah oval.
    Dan ini hanya bisa didapatkan oleh mereka dgn Jalan Operasi Plastik.
    btw,beda bgt ya wanita korea 70-an dgn skrg.Hehe

  9. wahwe 24 Januari 2012 at 10:19 PM #

    Dan langkah 2 bisa dgn suntik putih.
    Namanya Korsel adlh pengkosumsi Bedah Plastik didunia jd segala hal bisa dilakukan org korsel biar tetap cantik mnurut pndngn mereka.Standar kecantikan ala korsel :
    1.Mata Double Eyelid (Belo-Belo)
    2.Bentuk tulang rahang tirus
    3.Tulang Hidung yang mancung
    4.Struktur wajah oval.
    Dan ini hanya bisa didapatkan oleh mereka dgn Jalan Operasi Plastik.
    btw,beda bgt ya wanita korea 70-an dgn skrg.Hehe

  10. poo 22 Januari 2012 at 1:42 AM #

    ni ngiklan yak?? ^^v

  11. dinaSone 20 Januari 2012 at 9:19 AM #

    Yahhh sih, org korea mm ngeri banget soal make up, bagi kita make up itu udh yang mata ϑï ksi eye shadow lah, pipi d ksi pemerah lah, tp klo mrka make up itu berupa bedak, atw cairan pelembap yg mbwt wajah mrka trlhat berkilat putih mulus, , pengen coba cairan wajah yg mrka pakai.. Klo kita indonesia mm d knal dgn kulit putih kuning langsat jdi bukan putih , justru lbh bagus kan .. Msg2 negara pya ciri khas sndri..

  12. syifazahrah 19 Januari 2012 at 3:38 PM #

    Begitukah? baru tau ya klo ternyata org korea segitunya makai produk pemutih selama ini tau nya kulit mereka bagus emang udah dari sononya….di tunggu ya bag.2 nya..penasaran nih..^-^

  13. 1c3b4tu 19 Januari 2012 at 1:47 PM #

    Cantik/ganteng emang perlu perjuangan… :)

  14. diarybear 19 Januari 2012 at 5:47 AM #

    cream BB dijual di Indo ga???

  15. Kotabumi 18 Januari 2012 at 7:39 PM #

    Analisa yang menarik. Mengenai benar atau salah, biar pembaca dan admin yang akan menganalisa lebih lanjut. Siipp…, lanjut.

  16. ade wiji 18 Januari 2012 at 12:25 PM #

    jadi pengen nyoba kosmetik korea:D

  17. Debora 17 Januari 2012 at 11:37 PM #

    Yah.. kita orang Indo ,, Indonesia maksudnya… bersyukur …. biar agak gelap tapi kelihatan maniz……… heheheheee….

  18. luvich 17 Januari 2012 at 9:08 PM #

    ‎​​Õoooº°˚ ˚°º… ºo bgono toh…hohoho…lanjotttttt

  19. Rizha 17 Januari 2012 at 9:04 PM #

    maaf ni setau aku BB cream itu campuran mousturizer, foundation, n bedak. Memang ada spf nya tp setau aku fungsinya bukan unk memutihkan, tujuannya lebih ke wajah terlihat lebih mulus n cerah secara instant. Kalau udah dibersihin y kulitnya balik lagi ke asal. itu sih setau aku,,,,,,

Trackbacks/Pingbacks

  1. Dibalik Bayang-Bayang Hegemoni Budaya Korea | arsyipamma - 14 Desember 2013

    […] http://koreanchingu.wordpress.com/2012/01/17/rahasia-kulit-putih-orang-korea-bagian-1/ […]

  2. Rahasia kulit putih orang Korea -bagian 2- « Korean Chingu - 12 Februari 2012

    [...] Baca “Rahasia kulit putih orang Korea -bagian 1-“ [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31.030 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: