Kisah Lee Gak ‘Rooftop Prince’ diambil dari sejarah Raja Gyeongjong?

20 Mei

Banyak berita dari blog luar (6002sky.wordpress.com) yang menyebutkan kalau kisah Yi Gak dari drama SBS Rooftop Prince berdasar kisah tragis Raja Gyeongjong – Raja ke-20 Joseon. Benarkah? kalau benar berarti akhirnya akan tragis? semoga jangan lah..
Menurut Sejarah, Raja Gyeongjong putra Raja Sukjong dengan Jang Hui Bin. Lahir th 1688 meninggal th 1724. Usianya hanya 36 th. Kalau Yi Gak nanti pulang dan memerintah jadi Raja, ia hanya berusia 36 th saja rasanya ngga rela.
Tapi based on cerita Rooftop Prince, kalau Yi Gak harus melintasi perjalanan waktu 300 th lamanya dan tiba di th 2012. Memang yang paling dekat adalah kisah Gyeongjong.
Kita hitung sedikit ya, 2012 – 300 th = 1712
Sekitar th itu, Gyeongjong memang masih jadi Putra Mahkota. Dia naik takhta th 1720.
Kata-kata Yi Gak yang menyebutkan 300 th juga sepertinya bukan 300 th pas.
Bukti sejarah, Putri Mahkota Gyeongjong memang meninggal dunia 2 th sebelum suaminya naik takhta. Ratu Danui dari Shim Klan (anak perempuan Shim Ho) meninggal th 1718. Jadi, memang lumayan dekat dengan th 1712 diatas.
Ada legenda, kalau Raja Gyeongjong meninggal setelah makan kepiting saus kecap dan buah persik yang belum matang. Kedua makanan itu disiapkan secara rahasia oleh P. Yeoning, adik tirinya. (Kalau melihat karakter Yeoning dalam film Dong yi rasanya mustahil ya, tapi Yeoning memang suka makan buah liar dan pernah memberi buah kurma liar kepada PM Yi Yun kan. Tapi masa dia meracuni kakaknya. Kalau disiapkan lawan politik Raja Gyeongjong nah itu baru mungkin.)
Ini kutipan kata2 Hulbert, H.B 1905 The history Of Korea Vol 1 Routledge Press
(Hal 164) But we may well doubt the truth of the rumor, for nothing that is told of that brother indicates that he would commit such an act, and in the second place a man who will eat shrimps in mid-summer, that have been brought thirty miles from the sea without ice might expect to die.
Apakah benar P. Yeoning sengaja meracuni Raja Gyeongjong? Hanya Tuhan yang tahu.
Beberapa bukti kalau kisah Yi Gak diambil dari kisah Raja Gyeongjong,
1. Nama Yi Gak, katanya diambil dari nama kebesaran Gyeongjong, Gakgong Besar yang diberikan oleh Raja dinasti Ching – China untuk Gyeongjong. (King Gyeongjong Gakgong Deokmun Ikmu Sunin Seonhyo the Great of Korea)
Di ep 1 memang tampak PM Yi Gak yang sudah mulai mengambil alih pemerintahan atas nama ayahnya Raja Sukjong (diperankan Kim Yoo Suk) yang mulai sakit2an. Diperlihatkan juga konfrontasi politik antara Partai Noron dan Soron.
2. Kematian misterius Putri Mahkota Hwa Yong yang melibatkan buah persik kering.
3. Di ep 7 dan 8 ditunjukkan kalau PM Yi Gak alergi makan kepiting saus kecap atau Gejang. Yi Gak sampai tercekik dan tidak bisa bernafas.
4. Di ep 8, Park Ha membaca Sejarah Joseon dan tampak menangis sedih. Sepertinya ia tahu apa yang akan terjadi pada Yi gak kelak.
5. Di ep 6, Yi Gak dll menyebutkan usia mereka. Usia Yi Gak saat itu 24 th. Usianya memang tepat dengan usia PM Yi Yun saat itu, 24 th.
Yi Yun lahir th 1688. Th 1712 berarti usianya memang 24 th. Kisah ini kira2 memang sekitar th 1712 di Joseon.
Yi Gak dll masuk mesin waktu dan dilempar 300 th kemudian, yaitu th 2012.
Pertanyaan lain, apa Yong Tae Mu ini adalah P. Yeoning? I hope not. Semoga ini cuma kisah fiksi dan tidak ada hubungannya dengan PM Yi Yun atau Raja Gyeongjong. Happy end, please.

Berbagi oleh Hea Chiyoko @KoreanChingu | Sumber kadorama-recaps

Follow Me

@HoneYeobo

Tentang iklan-iklan ini

3 Tanggapan to “Kisah Lee Gak ‘Rooftop Prince’ diambil dari sejarah Raja Gyeongjong?”

  1. ellesmerre 29 Juni 2012 at 9:39 PM #

    berarti , yg ada scene , parh ha ketemu ama lee gak , di new seoul tower itu sebener nya , yong tae yong , ?bukan lee gak ?khan soalnya , berdasarkan resume di atas , lee gak itu di joseon dan menjadi raja , dan meninggaldi usia 36 th ………

  2. ummuhanah 27 Mei 2012 at 9:55 PM #

    oh begitu, terjawab sudah kenapa park ha nangis sesegukan pas baca buku sejarah. he he
    btw, nonton RP karena yg main HJM oenni… dulu pas main di jewel in the palace jadi perawat yg jahat, disini jd cewek baiiiik banget l:)

  3. DianHikaru 20 Mei 2012 at 10:45 PM #

    pengen baca cerita sejarah yang sebenarnya……,,,
    rootop prince harus happy end!!!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31.067 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: