Perlakuan Tidak Adil SM Entertainment Terhadap Super Junior

5 Jan

Kontroversi  terkait dengan perlakuan tidak adil yang diterima Super Junior dari SM Entertainment (terutama jika dibandingkan dengan SNSD) masih panas di boards Korea. Baru-baru ini, post di Nate Pann menerima sekitar 205.069 view dan menjadikannya masuk ke 10 post paling banyak dilihat atau dikomentari dalam sepekan. Post tersebut menerima 2.125 rekomendasi dan 1.227 komen tertanggal 16 Oktober.

1. Mari mulai dengan apa yang diri Lee Soo Man pikirkan tentang Super Junior (ini diambil langsung dari wawancara yang dilakukan padanya).

“그는 ㅂㅇ 가 일본 진출에 성공한 이후 아시아뿐만 아니라 세계에서 통할 수 있는 최고의 팀을 구상했다. 그러나 자원의 한계 때문에 선택과 집중이 필요했다. 그래서 여러 팀에서 최고를 한 사람씩 뽑아서 메이저리그라고 할 수 있는 단 한 팀을 구성했고, 그것이 ㄷㅂㅅㄱ였다. “여기에 선발되지 않은 팀은 모두 와해될 판이었습니다. 하지만 계약을 했기 때문에 책임져야 했지요. 그래서 그런 팀 중에서 음악도 잘하고 버라이어티쇼도 할 수 있는 팀으로 키운 게 슈퍼주니어였어요. 그들은 살아남기 위해 피눈물나는 노력을 기울였고, 저희도 미안해서 도와주게 됐지요.”

“Lee Soo Man sukses mengembangkan BoA ke pasar Jepang dan memulai rencana tim terbaik yang akan dibawanya tidak hanya di Asia, tapi seluruh dunia.  Karena keterbatasan dukungan, dia harus fokus dan memilih. Dari beberapa tim yang berbeda, dia memilih member dari tiap tim dan membawa mereka bersama untuk menciptakan tim utama. Tim tersebut adalah DBSK. Lee Soo Man menyatakan, “Member yang tidak terpilih sebagai bagian dari tim berada di ambang dis-integrasi (pembubaran). Tapi karena kami sudah membuat kontrak dengan mereka, kami harus mengambil tanggung jawab. Satu tim bernama Super Junior, grup yang kami besarkan untuk unggul dalam musik dan variety show. Dalam keadaan untuk bertahan, mereka harus menumpahkan air mata darah melalui upaya mereka. Kami merasa bersalah pada mereka, itulah sebabnya kenapa kami membantu mereka.”

Source: http://biz.chosun.com/site/data/html_dir/2011/10/14/2011101401275.html

Jadi kutebak itu adalah bukti kalau mereka tidak peduli pada apa yang terjadi dengan kita dan mereka hanya mendukung grup terlepas karena simpati (rasa kasian). Untuk SM, itu bukan masalah Super Junior bisa melakukan dengan baik atau tidak. Aku merasa sangat buruk untuk oppa kami, mereka tidak punya apa-apa tapi penggemar mereka mempercayakannya pada perusahaan seperti itu.

Adalah penggemar yang selalu mempromosikan album Super Junior untuk mereka.

2. SM Entertainment mengganti konser solo Super Junior menjadi konser SM Entertainment.

ropa telah mengirimkan banyak permintaan untuk sebuah konser Super Junior. Tepat ketika mereka mempersiapkan satu, SM menggantinya dengan konser penuh SM Entertainment.

Peru vote Super Junior sebagai artis nomor satu yang mereka inginkan untuk ditonton disana. Bukan SM Town, tapi Super Junior. Mereka melakukan petisi untuk konser Super Junior beberapa kali sekarang.

3. Kualitas Album

Album SNSD dibuat dari besi – kenyatannya usaha keras sudah dilakukan untuk itu. Tapi untuk kita? Bahkan sejak album kedua, kita tidak mendapatkan apapun kecuali potongan kertas.

Dan itu justru lebih bgus. Kudengar kalau album besi SNSD hanya seharga $19. Potongan kertas kita seharga $20. Sejak kapan kertas menjadi begitu mahal di Korea?

SM tidak pernah melakukan apapun untuk kita. Pertama kali, kita hanya kesal dan terkejut, sekarang kita terbiasa dengan itu. Tidakkah kalian pikir ini terlalu berlebihan?

4. SM mencoba untuk menunda Super Junior Show

5. SM selalu menggunakan kembali set untuk MV dan teaser Super Junior

6. SM selalu memotong Super Junior dengan ‘dll’ ketika mereka berbicara tentang perusahaan mereka di artikel.

Sebagai contoh: “Dimulai dengan H.O.T., artis dibawah SM seperti BoA, TVXQ, SNSD, dan lainnya menerima banyak popularitas diluar negeri.”

Lee Soo Man juga menyatakan, “DBSK adalah grup yang dibentuk dengan mengambil member terbaik dari tiga tim idola. Super Junior adalah grup dengan sisa dari member tersebut. Karena itu, ada perbedaan yang besar dalam kemampuan, itulah kenapa mereka harus mengertakkan gigi mereka dengan bekerja keras untuk menjadi idola besar dunia. Ini adalah hasil yang diriku tidak pernah perkirakan (secara harfiah berarti harapkan).”

7. Ketidakpuasan Heechul di radio:

“내가 가끔그러거든요.그 회사분들이랑 얘기할떄 아니우리뭐 대만에서 38주 1위하고 뭐 미인아도 지금뭐 18주짼지 몇주짼지 1위래요 이런거#%@#^* 왜 우린왜 기사 많이 안나와요. 따른데 처럼 막 플레이하고 우리도 빵빵해야지 우린 아무것도 안하는줄 알잖아요.그렇게 얘기하면은 회사에서 어떻게 하면 되게 고마운 말이에요. 아이.. 우리는 슈퍼주니어가 그정도하는거는 어느정도 되게 당연하다고 생각하기 떄문에 고런걸로 괜히 호들갑 떨필요 없다고 생각한다. 그래가지고 제가 그러거든요. YO말만잘해 욕쉬~”

Heechul: “Aku terkadang menyebutkan bagaimana kami bisa menduduki posisi satu di Taiwan selama 38 minggu dan bagaimana Bonamana menjuarai selama 18 minggu dan hal-hal seperti itu ketika berbicara pada orang-orang di perusahaan kami dan menanyakan kenapa mereka tidak membuat beritanya untuk kami. Aku meminta mereka untuk mengeluarkan beberapa berita utama seperti yang perusahaan lain lakukan jadi orang-orang tidak hanya berpikir kalau kami tidak melakukan apa-apa. Ketika aku mengatakan hal seperti itu, bagaimanapun juga, mereka akan mengatakan balik, “Itu karena kami pikir kalau Super Junior pasti mencapai itu. Aku tidak berpikir itu penting untuk berususan dengan hal semacam itu.” Jadi aku kemudian selalu mengatakan kembali, “YAHH, kalian semua bicara.”

8. ELF, semakin banyak hal seperti ini terjadi, mari tidak melupakan asal kita dan melanjutkan untuk melindungi Super Junior!

“Ini bukan tangisan dari anak yang belum dewasa. Menjadi penggemar berarti cukup berani untuk melindungi apa yang paling berharga untukmu.”

Aku ingin membuatnya jelas untuk Sone atau penggemar grup SM yang lain kalau kami tidak membenci SNSD atau Sone. Kami mengkritik perlakuan tidak adil yang SM berikan pada Super Junior! Sone, tolong jangan meminta maaf untuk sesuatu yang bukan kesalahan kalian.

~~~

Ada 3 balasan terbaik untuk artikel diatas:

1. 1,413 setuju, 54 tidak setuju

“Jadi mereka membentuk grup yang mereka tidak pernah pikirkan bisa melakukan dengan baik karena murni simpati. Mereka (SM) membuat mereka (Super Junior) hanya tidur 2-3 jam sehari dan bepergian ke Malaysia, China, dan Korea hanya dalam sehari. Mereka membuat seseorang yang kehilangan ayahnya tiga minggu lalu untuk berada di panggung dan menyanyikan lagu gembira. Mereka membuat orang yang cidera yang bahkan tidak bisa berjalan dengan baik menyeret kakinya untuk menyanyi diatas panggung. Mereka membuat seseorang yang baru keluar dari sebuah kecelakaan mobil untuk pergi ke acara TV. Pada beberapa kondisi tragis, kau memaksa anak-anak itu untuk pergi ke variety show, perform di beberapa acara, membuat mereka berbicara tentang kesalahpahaman dan kritikan hanya supaya kalian bisa menyentuh uang lebih. Bahkan jika mereka menciptakan tawa di variety shows, bekerja keras sampai titik pingsan, mereka hanya diberikan beberapa ribu untuk kerja keras mereka – semua member termasuk. Bahkan budak diperlakukan lebih baik dari ini.”

2. 1,382 setuju, 67 tidak setuju

“Super Junior menumpahkan air mata darah untuk mencapai posisi dimana mereka berada sekarang.”

3. 751 setuju, 19 tidak setuju

“Seberapa banyak kami harus bekerja keras untuk mendapatkan sedikit dukungan? Super Junior bisa mengendarai jet pribadi untuk jadwal mereka di Music Core kali ini, tapi itu tidak disediakan oleh perusahaan, melainkan stasiun penyiaran. Terima kasih,  stasiun penyiaran.”

Balasan Acak

“Itulah alasan kenapa Super Junior begitu manis pada penggemarnya. Semua hal yang perusahaan dan jaringan mereka katakan berbeda jadi meskipun mereka (SJ) mempercayai mereka (SM), mereka (SJ) tidak mempercayai mereka (SM) sepenuhnya. Mereka tidak punya apa-apa kecuali penggemar mereka untuk bergantung… ELF tahu itu, jadi kami saling memperhatikan satu sama lain. Berpikir kembali ke waktu-waktu dimana kita memohon bersama, menderita bersama, dan menangis bersama membuatku berpikir kalau aku tidak bisa lepas menjadi penggemar dulu. Hal-hal dimana fandom lain perlu tiga, empat tahun untuk berpengalaman, kami menjadi berpengalaman hanya dalam 1000 hari sejak debut mereka. Kami tidak memiliki tempat dimana kami harus percaya – tidak perusahaan, tidak seorangpun – kecuali para member. Para member tahu itu dan akan selalu disisi kami. Perusahaan tidak pernah memberikan mereka dukungan, dan penggemar, menggunakan tangan kami sendiri, membuat mereka mendapatkan posisi DJ mereka sekarang. Postingan ini membuatku berpikir diwaktu lampau dimana aku percaya kalau apa yang kita harus kita lakukan adalah menggenggam ini… menggenggamya sampai grup cukup dewasa, sampai mereka benar-benar di puncak, untuk menciptakan dan menuliskan kembali sejarah karena kita memiliki lebih banyak hal untuk ditunjukkan.

Source : Nate Pann
Credit to Netizen Buzz 

Reshare : Choi Rena @KoreanChingu

56 Tanggapan to “Perlakuan Tidak Adil SM Entertainment Terhadap Super Junior”

  1. Nita 17 Agustus 2014 pada 5:46 PM #

    fx sih yh lbih mnderita

  2. 'Sha 20 Desember 2013 pada 8:30 PM #

    Apapun yang mereka lakukan terhadap Super Junior, yang penting ELF tetap mendukung Oppadeul !!
    Karna, kesatuan ELF menjadi kekuatan tersendiri buat SuJu’
    So… abaikan mereka, yang penting ELF tetap memberikan support buat Super Junior!!

  3. ThereIsNoName 21 Agustus 2013 pada 11:47 AM #

    LOL jadi kalian maunya SM Entertainment berubah nama jadi Super Junior Entertainment terus 100 persen perhatian dicurahkan ke mereka? SM punya strategi mereka sendiri, mana ada Agensi mau rugi karena meng-anak tirikan artisnya sendiri.

    • 'Sha 20 Desember 2013 pada 8:37 PM #

      Ada benernya juga sih, SM ga mau rugi’ karena dimana yang lebih diterima dimasyarakat, merekalah yang di jadikan _anak emas_
      ELF juga ga bisa maksa SM buat menomor’satukan SuJu
      Ya udahlah… yang pentingkan SuJu tetap ada kan, dan ELF tetap setia !!
      apa yang meski dipeributkan coba ??

  4. zsazsaclarissa hyukie jawelf 16 Januari 2013 pada 10:40 AM #

    jahat bangetz’,, jgn mentang2 snsd itu cewek di belain trus.. super junior juga punya hati,yg bukan untuk di sakiti.kalo aku jdi lee soo man,album super junior tk buat pke baja sekalian,snsd pke koran&personil dbsk yg keluar di masukin lagi+hanggeng,heechul,kibum aku masukin lagi…

  5. AnisELF 22 Juni 2012 pada 10:15 AM #

    Mian y sebelumnya, tp menurutku masalah ky begini nggk usah dibahas lah. lagian kita juga belum tau yang sebenarnya terjadi, kalo banyak yang bilang Lee Soo Man itu kejam terus pilih kasih itu semua salah. seharusnya yg dibilang pilih kasih + kejam itu Kim Young Min yang sering ngacak” kontrak anak2 SMEnt. jangan salahin Lee Soo Man donk. Lee Soo Man itu adalah sosok yang sangat dikagumi oleh Leeteuk oppa…
    Bahkan Lee Soo Man itu teladan buat Leeteuk oppa,
    Kalo kalian pada benci sama SMEnt (khususnya Lee Soo Man) kalian salah, coba deh pikir…
    siapa yang udah membentuk Super Junior?
    siapa yang udah memperkenalkan mereka sama kita?
    siapa yang udah membuatkan album untuk mereka?
    inget y kalo nggak ada SMEnt kita nggak bakalan pernah kenal sama Super Junior.
    Dan lagi, jika ada yang bilang Super Junior itu produk sisa atau apalah itu…
    itu semua salah,
    Super Junior itu produk unggulan SMEnt, liat aja kualitas vokalnya KRYS, Liat aja dancenya Eunhyuk, Donghae, Hangeng, sama Shindong, Liat aja bakat actingnya Siwon sama Kibum, liat aja kemampuan MCnya Heechul, Leeteuk, Kangin, terus 2 member Henry sm Zoumi juga nggak kalah keren. Zoumi suaranya keren abis + Henry dancenya bagus, suaranya bagus, jago main biola lagi. bisa dibilang SUPER JUNIOR ITU SEMPURNA BANGET.
    keterlaluan banget kalo ada yang bilang SUPER JUNIOR itu produk sisa.
    masak THE KING OF GLOBAL HALLYU WAVE produk sisa..??!! nggak salah itu??

  6. Rizuu 3 April 2012 pada 5:45 PM #

    menurut GW GAK ADA SUATU AGENCY YANG MAU MENURUNKAN ARTISTNYA
    EMANGNYA SM ent MAU RUGI ???
    SAMPE2 TAWARAN KONSER DITOLAK ??
    LOL

  7. turia sonelf 10 Maret 2012 pada 9:16 PM #

    smpe nangis aku bca artikel ini…!!!!!!tp yg slah tu lee soo man kim kyoung min bkan snsd!!!!!!!!!!!!!!!!

    • L 13 Agustus 2013 pada 5:09 PM #

      loh, siapa yang bilang kalo yang salah SNSD? dibaca lagi deh -_-

  8. Ryuu 21 Januari 2012 pada 5:45 PM #

    Dasar kejam !!!

  9. ayhu mu 16 Januari 2012 pada 10:48 AM #

    sebel banget sama SM !!!!!!
    , gak trima suju d perlakukan seperti itu !!!
    emang.n SM g mikir pa? apa yg udh mereka proleh dari suju

  10. nunie bluestorm 16 Januari 2012 pada 9:02 AM #

    semoga super junior kompak keluar dari SM Entertaintment!!!!! membentuk group kembali sprti JYJ……..
    Mereka semua hrs kuat!!!!,,,,, akhir2 ini mereka memang tertawa ttp sprti tertawa yg dipaksakan………………………… lelah pasti……….
    ELF tdk pny apa2 untuk membela………..
    Hanya doa spy mereka kuat mnjalani apa yg tdk mereka inginkan…………
    tragis memang……………..

    • ditamarizz 16 Januari 2013 pada 3:39 PM #

      duh comen kamu kok jleb bgt ya-_-

  11. Monkey D. Luffy 12 Januari 2012 pada 9:13 PM #

    ada yang aneh sama artikelnya coba telusuri dengan baik😀, kyknya ada pihak ke-3 yang pengen ancurin SMe

  12. suhayon 12 Januari 2012 pada 7:02 AM #

    Kenapa y klo ad artikel ttg suju yg kayak gini selalu bw nama SNSDG Author ELF y? tolong lbh fair kl muat artikel gw setuju sikap sm bbeda thp suju tp knp hrs bw embel2 snsd. Tiap group ad masany n sekarang masa bt promosiin snsd lbh dbnding yg lain.Mianhe rada pedas commentny,aq jg elf.

  13. Ayaa 11 Januari 2012 pada 11:09 PM #

    Sungguh kejam skle SM
    Semangat Oppa utk melawan n melewati smw ini ^_^
    Cayoooooooooooo😀
    Saranghaeyo

  14. rizal 9 Januari 2012 pada 4:24 PM #

    Gak segitunya Kale .. Ni berita cuma dibesar2in doang , itulah kerjaan manusia . Membesar2kan masalah demi membuat penulis berita atau webnya ikut nyangkut diliat bnyk org .
    Kalo emang suju digituan . Q yakin smw dah pada BUBAR , Kalo tentang snsd diutamain tu jg yg tw cuma mereka yg terlibat dlm SM . CUma 1 penulis n pendapat org yg blm tentu Jelas . Bisa membuat org lain terpengaruh n melebih2kan nya , huh

    1triliyun like
    0 dislike

  15. anon 8 Januari 2012 pada 6:49 PM #

    SuJu bisa bertahan sampai sekarang, itu karna ELF yang solid. sedangkan SNSD bisa bertahan sampai skrng karena mereka mendapat support penuh dari SM.

    Kalau ELF gak solid seperti sekarang, mungkin nasib SJ ga jauh beda dari artis2 SM terdahulu sperti Trax, CSJH the grace, dll. bahkan f(x) yg merupakan girlband baru kurang mendapat perhatian dari SM.

  16. clarissaindream 8 Januari 2012 pada 6:25 PM #

    Baiklah, yang salah adalah …
    yah kita tidak tau patinya, mungkin yang tahu hanya org dalam SM, staff, dan suju sendiri serta Tuhan. Semoga apapun yang terjadi bisa memberi dampak positive dan yang terbaik untuk semua🙂

  17. Ridha 8 Januari 2012 pada 10:46 AM #

    SM berlaku lh adil
    kesian SuJu …………

  18. sila 8 Januari 2012 pada 12:08 AM #

    Album The boys bukan terbuat dari besi.. itu bahan kaleng… (tin case).
    Selain itu album The Boys hanya berisi postcard yang berukuran lebih kecil dari postcard Mr. Simple, karena itu harganya lebih murah.

    Alasan utama SM memperlakukan SNSD lebih baik adalah karena SNSD sangat menguntungkan SM di Korea (di negara sendiri). Hal ini karena di Korea SNSD memiliki banyak fans yang usianya beragam dan kebanyakan adalah pekerja yang telah mampu menghasilkan uang sendiri (mampu membeli produk SNSD).

    Namun sebenarnya bukan berarti SM sama sekali tidak memperhatikan Super Junior, mungkin bagi beberapa teman yang baru masuk ke dunia Kpop, kalian akan merasa bahwa SM sangat tidak adil kepada Super Junior apalagi jika dibandingkan dengan SNSD. Kalian salah, karena pada masa keemasan Super Junior (Sorry Sorry era) SM gencar mempromosikan mereka sehingga hampir seantero Korea mengenal lagu itu. Masalahnya kalian membandingkan Boyband berusia 6 tahun dengan Girlband berusia 4 tahun, dimana sekarang SM sedang mempromosikan SNSD. Saya yakin tahun berikutnya SM akan memnajakan Boyband/Girlban lainnya milik mereka.

    Karena sebenarnya Star Museum Entertainment ini adalah sebuah perusahaan yang bekerja dengan landasan untung rugi bukan kasih sayang.

    Mengenai SNSD meremehkan / menghina SUJU, saya atau fans manapun tidak berhak menghakimi karena kita tidak pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi. Pertemanan yang dijalin dari remaja sampai dewasa dengan frekuensi waktu bertemu yang sering tentu akan membuat Super Junior dan SNSD memiliki relasi yang baik, sama seperti di Indonesia semakin akrab seseorang, pola bercandanya juga akan berbeda. Sejauh yang saya lihat, baik Suju Maupun SNSD hanya menunjukkan keakraban pertemanan yang normal dengan ejekan-ejekan atau gurauan kecil.

    Maaf jika komentar saya ini panjang, saya hanya tidak ingin beberapa orang melimpahkan kekesalannya kepada SNSD, saya juga berharap agar SONE tidak ikut-ikutan memperpanjang masalah.

    Dan sampai sekarang saya masih percaya adanya SM Family, keluarga yang terbentuk karena kerja keras remaja-remaja hebat, tak peduli intrik atau masalah apa yang ada di perusahaan, hubungan antar artis SM akan selalu terjalin sepeti keluarga.

    ^__^

    • retha 27 Januari 2012 pada 2:23 PM #

      jujur saja….saya sama sekali tidak membenci SNSD karena saya juga fans beratnya……
      Tapi apakah anda bisa menjelaskan maksud LSM berkata seperti itu kpada SJ???? berkata bahwa sj adalah member2 sisa dan hanya diberikan simpati…

    • iftitalestari 24 Januari 2013 pada 6:04 PM #

      setujjuuuu banget….😀

  19. AdelinKyu 8 Januari 2012 pada 12:02 AM #

    Menurut aku kalau SMent hanya Mengasihani Super Junior Lebih Baik Bubarkan saja Super Junior Karena Kalau hanya alasan seperti itu sama saja SMent Membunuh Para Oppadeul .Kerja para oppadeul untuk SMent yang nggak ada habisnya gitu kok Nggak dihargai…

  20. lee eun hwa 7 Januari 2012 pada 11:25 PM #

    Oppa-deul… hwaiting!!! ELF selalu ada untuk kalian…. ^^

  21. Mutohharoh Shimmyo 7 Januari 2012 pada 10:46 PM #

    begitukah perlakuan sm padamu…
    jahat, bukanlh kata yang baik.dasar SM maumu apa si….

    ELF selalu mendukungmu, keep hwaiting……..^ ^

  22. gooners_manchunian 7 Januari 2012 pada 10:30 PM #

    UDAH SUJU PINDAH AGENSI AJA. KASIAN AKU NGELIATNYA….
    DARIPADA KALIAN DIGINIIN TERUS
    KAN KASIAN ELF EN SUPER JUNIORNYA JUGA…:'(

  23. arva 7 Januari 2012 pada 9:24 PM #

    aduh GILA tuh SME . aku bacanya mau PINGSAN !! pengen NABOK haahaa… aku bukan kesel ke SNSD tapi ke SME nya .. oppa SuJu ku yang sabar ya ^^ terus berjuang, masih ada ELF yang selalu sayang dan cinta pada SUPER JUNIOR

  24. Tiffa Tiffaly 7 Januari 2012 pada 2:05 PM #

    maaf, tpi snsd g salah, mungkin yg tentang snsd meremehkan suju itu cuma hoax, karena snsd eonnie’s g akan meremehkan seniornya sprti itu ..

  25. intan 7 Januari 2012 pada 7:49 AM #

    Nyesek bacanya!!! pengen deh kasih pelajaran buat SM entertaiment yg nggak bener itu……
    Suju! pindah aja dr SM!!!!!

  26. Usi 7 Januari 2012 pada 3:43 AM #

    Yang trpikir sama aq skrng SUJU keluar aj deh dr SM,tp kyknya SM gak akn biarin…..walaupun mrk dianggap sisa tp SM th salah satu anggota suju siwon seorang milyunner…..bs aj kan dngan kekuatan uangnya bt agency sendiri pa lg da darah bisnis oppa ku itu ….truz rekrut suju masuk…..wah itu lbh baik biar suju lbh dhargai….bawa kmbali oppa hangeng..kibum gue curiga kibum gak kmbli2..coz th perlakuan tdk adil sm trhdp suju…mknya tunda2 blik….Awas aj sm buat siwon oppa murka sm kyk wkt sbs gayo daejun….Suju keluar SM bisa2 hancur…..mgkin gak siwon oppa bt sebuah agency baru truz suju artisnya ..sprtinya keren lau gtu….

  27. upi 6 Januari 2012 pada 11:18 PM #

    mudah-mudahan sm kena kutukan trus semua yang di naungi sm dapat berdiri masing-masing dan so pasti lebih baik tanpa suatu naungan seperti sm yang bahlul itu . untuk yang penggemar snsd sapa bilang snsd gak salah buktinya snsd sering meremehkan suju .

  28. ade 6 Januari 2012 pada 10:14 PM #

    aku ELF baru🙂
    aku baru tahu ternyata SM sejahat itu ya…
    benar2 gk adil…. :@

  29. azzuralhi 6 Januari 2012 pada 10:09 PM #

    Ga tau musti ngomong apa lagi.. capek hati dan menguras air mata kalau udah ngebahas ini.
    Benar kata siwon dtweetnya beberapa hari yg lalu,dan benar bahwa cinta yg paling menyedihkan didunia ini adalah cinta SUJU & ELFs.😦

    chingu aq izin share ya,.. Gomawo…🙂

  30. Chiyo-chan 6 Januari 2012 pada 6:32 PM #

    oppadeul ga terlalu masalahin prilaku SMent sama mereka , mereka tetap semangat , mereka mandiri , bahkan saat menerima penghargaan mereka tetep ngucapin terima kasih buat Lee Soo Man . mereka the best of the world , dan bukankah mereka satu-satunya artis SM yang ga banyak bergantung sama SM ?? oppa , karena kebaikan hatimu itulah para ELF mencintaimu , sangatsangat mencintaimu !! kesetiaan para ELF akan bertahan sampai kapanpun , itulah keyakinan para oppadeul saat memutuskan menyebut mereka dengan Ever Lasting Friend , ya ‘kan? fighting oppadeul !! kami akan terus bersamamu walau kalian sudah tidak bisa disebut muda , kami akan menemanimu sampai ajal kami , seperti janji dalam nama kami , EverLastingFriend !!

  31. dwisetyani 6 Januari 2012 pada 6:22 PM #

    SuJu….bertahanlah, kami selalu mendukungmu

  32. nui 6 Januari 2012 pada 6:18 PM #

    Kasian oppa oppa ku….hikz….Aq jadi makin sayang…keep faigt ya oppa

  33. djkyussoloverz 6 Januari 2012 pada 5:10 PM #

    sumpah tiap kali bca ttg penderitaan oppadeull rasanya hati,mata ini ingin ikut menangis melihat semua penderitaan dan perlakuan SM terhadap super junior…
    gak tahan bgt baca semua ini…..
    kalau bisa tuhan beikanlah kebahagiaan untuk oppa kami…
    karna ELF AKAN SElalu mendukung super junior …..
    hwaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttttttiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing oppa……!!!!!!

  34. snsd 6 Januari 2012 pada 3:40 PM #

    Banyak elf yg salah paham ttg brita ini dan benci sama snsd. Padahal yg bertindak tdk adil siapa? SM kan? Tp bukan lee soo man. Tp kim young min. Jujur capek ngomong sama elf yg ga mau ngerti sebenarnya. Yg mreka tau sm ga adil dan lebih perhatian ke snsd. Skrg, klo misal snsd lebih diperhatikan, pasti ada alasannya. Dan banyak yg bilang snsd telah membuat pemasukkan SM lebih besar. Apa itu salah? Wajar kan klo setidaknya snsd lebih diperhatikan karena telah membuat keuntungan untuk agensi mereka.

    • Santi 6 Januari 2012 pada 4:34 PM #

      Super Junior Juga Lebih membuat keuntungan besar dari SS1,SS2,SS3,SS4, jadi mc, jadi penyiar radio selama 5 tahun lebih, muncul di banyak variety!

    • anon 8 Januari 2012 pada 7:05 PM #

      banyak sone juga salah paham dengan ELF dan SJ.
      kenapa ELF seperti ini pasti ada alasannya juga, yg tentunya sone juga ga akan pernah (atau mau?) ngerti.

      SNSD membuat pemasukan lebih besar untuk SM. memang benar. tapi apa menurut kamu SM ga bertaruh habis2an untuk SNSD?

      kalau kamu pernah baca artikel tntng Lee Soo Man, kamu akan tau bagaimana dengan bangganya mengatakan bahwa dia telah menghabiskan modal yg besar demi SNSD dan DBSK, sedangkan SuJu merupakan grup yg sebenarnya dia bentuk karna kasihan, dia hanya ingin membantu grup ini. Bahkan LSM sendiri yang bilang kalau dia ga menyangka bahwa SJ bisa sebesar ini.

  35. soshiff9sas 6 Januari 2012 pada 2:00 PM #

    tidak ada yang salah kecuali LSM

  36. Lee Anis 6 Januari 2012 pada 1:14 PM #

    Be strong oppadeul..
    memang SM selalu ngebedain artisnya..
    Dulu HoMin sama JaeChunSu -yang satu grup aja- beda perlakuannya..

    sebenarnya yang (suka) membeda bedakan artisnya sendiri di SME itu si Kim Young-Min..
    dia kan bos besarnya SME dan semua jadwal artis SME dia yang mengendalikan. trus semua jadwal manggung, konser, variety show dia yang bilang “boleh” ato “gak boleh”..
    Lee Soo Man itu cuma manajer yang nyuruh-nyuruh artisnya sesuai jadwal..

    jadi aku saranin buat semuanya jangan mau jadi artisnya SME..
    jadi Trainee-nya aja..😀 *Komen ngawur*

    • sushine 6 Januari 2012 pada 6:57 PM #

      yup..aku pernah baca yg bikin kontrak dll kan kim young min tapi knpa yg slalu di shoot si LSM terus yak?trus dari artikel itu bilang anak2 suju tu kalo dapet award slalu berterimakasih sm soo man n bkn kim young min..masa kita bakal berterimakasih sm orang yg menganiaya kita?ga mungkin kan?

      yah..politik..namanya juga politik..skali2 dong orang jg nge shoot pejabat tinggi SMent yg laen..LSM krja ga sndri kan?bkn brmksud sotoy or nge belas LSM tapi coba lah untuk berpikir jernih n ga gampang kemakan isu…

  37. Uyung Elok Hardani 6 Januari 2012 pada 10:39 AM #

    oppa oppa bertahanlah untuk kami

  38. lulu afifah octavia 6 Januari 2012 pada 7:32 AM #

    super junior fighting! ELF akan selalu ada untuk kalian, Prom15e to 13elieve

  39. putrihalimah29 6 Januari 2012 pada 6:23 AM #

    Aku elf baru.,
    .
    .aku baru tahu.,
    sebegitu jahat nya kah SMent?

  40. megmoncha 5 Januari 2012 pada 9:33 PM #

    menurut aku ini semua emang kesalahan SM . aku Sone . aku juga suka SJ sperti teman2ku yang lain . hanya saja (maaf) aku sering merasa kesal pada bbrapa “oknum” yang suka memojokkan SNSD . mereka membenci SNSD hanya karena mereka lebih diperhatikan oleh SM . tmn2 , ini bukan salah SNSD . jujur aku juga kadang2 sebel sama SM, mereka terlalu memforsir SNSD sedemikian rupa . kalian bsa liat wajah letih Yoona . habis pulang dari tour Jepang , member yang lain istirahat , tapi cma dia yg lat panjat tebing sama lee min ho . trs pergi ke LA buat syuting, begitu pulang lgsung menghadiri dream concert , bsknya terbang ke tokyo buat konser SM Town .

  41. m 5 Januari 2012 pada 3:19 PM #

    SMent memank terkenal akan artis” yg terkenal jjaman ini, selain i2 SMent jg terkenal akan kontrak biinatang. Kurasa mengenai kualitas album, mungkin SNSD diberikan alas berupa besi agar menarik mminat org unttuk membelix, klo SuJu mungkin sudah terkenal dipsran, otomts pst org” membeli albumx
    #menurutq sja, hehe

  42. Ira maniez 5 Januari 2012 pada 2:45 PM #

    SM dh berhasiL buat Koko Han kLuar gr2 attitude yg buruk itu …,😥
    ELF Lets stay with uri oppa, 13eLieve them, SUJU is my Long Life idoLs …

  43. dhiyah zT 5 Januari 2012 pada 12:29 PM #

    SM ??? malez coment .
    SUPER JUNIOR ??? ehmmmmm ,, 4 jempol buat oppdeul ^^

  44. arin 5 Januari 2012 pada 11:11 AM #

    Udah ELF seluruh dunia bersatu ajah.. Buat Perusahaan manajemen sendiri buat SJ.. SJ keluar aja dari SM. Beli nama,lagu n hak cipta SJ ke SM. Toh SJ tuh besar karna ELF bukan krna SM..😀

  45. cisa 5 Januari 2012 pada 10:37 AM #

    SM pilih kasih banget sih loe
    pantesan aja kenapa SNSD sering banget keluar negri tapi SUJU kok jarang banget????

  46. ciuiit 5 Januari 2012 pada 9:05 AM #

    SM Bertindaklah adill

  47. liezteukie 5 Januari 2012 pada 6:46 AM #

    LSM emang keterlaluan sm Suju.
    Walopun awal.a Suju cm BB percobaan tp mereka bs membuktikan kalo Suju emang BB yg layak dan jd yg terbaik..
    Bener tu album2 SNSD dibuat dr besi tp album Suju cm dr kertas.. Dari situ jg udah g adil..
    Kesal seh sm LSM tp makaseh jg karna dy kita bs kenal sm Suju oppadeul yg sangat kita banggakan dan kita cintai..
    Forever 13elieve..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: