Iklan

EXO Joynews Interview “Kalian Tidak Bisa Meloloskan Diri Dari Pesona Kami”

12 Jun

Boygrup  baru  SM berada tengah topik hangat semenjak debut mereka diumumkan. SM,  ‘Master Para Idola ‘, telah merilis sebuah grup baru dan perhatian dari penggemar dan perwakilan musik sangat luar biasa. EXO berbeda dari awal. Urutan member EXO yang diungkap berbeda dibandingkan dengan promosi grup idola lain. Para member tidak diungkap sekaligus namun diungkap satu per satu melalui foto dan teaser video, dimulai dengan Kai. Sudah 100 hari sejak teaser pertama mereka dirilis hingga hingga akhirnya mereka debut. Seperti pepatah ‘beruang tumbuh dengan makan Artemesia dan bawang putih’, EXO tumbuh dengan makan teaser dan foto. Diikuti oleh rajanya para remaja, legenda idola, dewa dari timur, hujan super industri musik, shining idols; masa depan  SM yang baru adalah para lelaki dari dunia asing yang memiliki kekuatan super. Mereka dibagi menjadi K dan M untuk mengambil alih dunia. Kami pertama bertemu dengan EXO-K, yang terdiri dari Kai, Suho, Baekhyun, Chanyeol, Sehun dan DO. Mereka memulai debutnya dengan lagu ‘MAMA’.

Suho menyatakan, “Meskipun kita tampak bodoh dan kekanak-kanakan, aku masih bangga karenanya.” Sang Leader berbicara dengan kepercayaan diri sepenuhnya. Kai juga berkata, “Ini cukup sulit dipercaya. Ini luar biasa namun kami benar-benar memiliki kekuatan super.” Ketika ditanya apa yang mereka pikir tentang kekuatan yang lain, Kai menyatakan, “Meskipun aku puas dengan kekuatanku sendiri, aku agak iri kekuatan Tao EXO-M. Mampu untuk tidur dan banyak beristirahat, dan bahkan sanggup memutar mundur waktu dan melakukan pekerjaan yang lebih baik pada siaran langsung program musik. Saya berharap itu nyata.” Dan Baekhyun juga menambahkan, “Aku cemburu dengan kekuatan Luhan EXO-M. Karena ketika kita malas kita bisa memindahkan barang-barang menuju ke arah diri kita sendiri”, dia berbicara sambil tertawa.

Boygroup baru SM telah menerima banyak perhatian seperti senior mereka, TVXQ, Super Junior, SHINee, antara lain. Dan mereka mengaku bahwa itu  beban besar. “Ada beban yang besar pada dada kami, tentu saja. Karena semua senior kami melakukannya dengan baik, kita bertanya-tanya apakah kita dapat melakukan hal yang sama dengan mereka. Dan juga karena promosi selama 100 hari, harapan melonjak sangat tinggi, jadi kami sangat khawatir. Tapi selama periode penantian kami, kami bekerja sangat keras, “ Chanyeol menyatakan. “Tentu saja ada banyak beban pada kami. Kami semua menghabiskan waktu cukup lama di perusahaan dan kami semua ingin menjadi seperti senior kami,. Jadi ada banyak kekhawatiran. Akan lebih bagus jika kami bisa sebagus senior kami.” (tersenyum)

Perhatian yang mereka terima semakin besar karena sudah cukup lama semenjak debut grup terbaru SM itu. Kami bahkan melihat SHINee sepenuhnya sedang memantau stage EXO-K di KBS 2TV Music Bank  dan memberi mereka nasihat, yang menebarkan suasana hangat. “Senior U-Know Yunho menelfon kami setelah debut stage pertama kami di ‘Inkigayo’. Dia menelfon setelah memantau kami selama dia tinggal di Jepang untuk konser di Tokyo Dome,” kata Chanyeol, tampaknya kewalahan. “Kami mendengarkan bersama-sama dengan speakerphone di ruang latihan. Itu sangat menyentuh karena ia memberikan nasihat kepada setiap anggota.” EXO-M dan EXO-K adalah seperti sebuah tim keluarga meskipun fakta mengatalan bahwa EXO-M berada jauh di Cina. Ketika ditanya tentang EXO-M, mereka memberi kita jawaban yang serius.

Brothers (EXO-M)? Mereka adalah setengah bagian dari kami yang lain. Karena kita adalah satu tim.. Kupikir kami juga dapat mengibaratkan mereka seperti refleksi diri kami di air atau cermin?? Kami sedang melakukan apa yang kami sanggup lakukan di Korea dan Cina, tapi kupikir kami bisa lebih baik jika bersama-sama di atas stage. “ EXO-K tidak merasakan kendala bahasa dengan EXO-M meskipun ada dua anggota Korea (Chen dan Xiumin) dalam grup. Mereka membuat kita tertawa dengan mengatakan “Kami harus meningkatkan Bahasa Cina kami jika sedang ada member Cina namun lebih seperti kami belajar bahasa Korea karena mereka begitu baik dalam bahasa Korea.“EXO-K dan M menggunakan bahasa yang berbeda,  visual dan atmosfir suasana juga berbeda. Nada lagu dan penampilan yang berbeda juga.. Jika Anda mendengarkan K dan M, lagu-lagu terasa benar-benar berbeda. Kupikir titik kekuatan EXO adalah menjadi satu tim dengan daya tarik yang sama sekali berbeda.” (Suho)

Telah ada banyak sekali grup baru pada tahun 2012. Apa senjata EXO untuk tetap berada di atas para boygroup tersebut? Baekhyun menjelaskan, “Bagian terbaik adalah memiliki K dan M yang berpromosi pada saat yang sama dengan satu lagu tetapi dalam bahasa yang berbeda.” Chanyeol tertawa setelah mengatakan “Setiap grup idola memiliki perwakilan visual namun kami, semua member EXO-K adalah perwakilan visual, dan ini jahanam. Kalian tidak bisa lepas dari itu,.” Dan menunjukkan tatapan intens. “Tujuan kami untuk tahun ini adalah penghargaan Rookie.  EXO-K akan bekerja lebih keras dengan promosi. Kami akan menunjukkan sisi kerja keras kami untuk menanggapi banyaknya cinta yang kalian berikan pada kami. Dan kami akan selalu menjadi EXO-K yang sederhana. Kami akam menjadi grup yang cool yang tidak akan kehilangan akarnya dan selalu sopan. “ Keenam lelaki energik yang datang dari luar angkasa telah mulai mengambil alih industri musik Korea. EXO-K ini ‘bintang seperti bumi‘ dan ‘sejarah yang dibuat oleh enam anak laki-laki” dimulai sekarang.

 

Suho Nama lengkapnya adalah Kim Junmyeon. Lahir pada 22 Mei 1991. 174cm. Ia memulai pelatihannya di SM pada tahun 2006 dan memiliki masa trainee terpanjang di antara semua member EXO-K. Hobi dan keahliannya adalah adalah akting dan golf. Berkenaan dengan hobi mewahnya sebagai golfer dengan peringkat Level 8 di Kangnam Golf, ia juga dijuluki ‘Cukup Kaya’. Menurut Kai, Suho terlahir untuk menjadi pemimpin. “Saya telah menghabiskan 5 tahun bersamanya sebagai trainee dan ia membelikan saya banyak makanan enak. Ia kaya,” ia berkata, meskipun panggilannya adalah ‘Cukup Kaya’ tetapi matanya berkilau selagi berkata, “Saya tidak dekat dengan Suho-hyung selama 2 tahun, tetapi saya pikir ia adalah hyung yang hebat setelah ia membelikan saya makanan, dan sejak saat itu kami menjadi dekat. Saya mengaguminya.”

‘Gratis’ merupakan kualifikasi pertama seorang leader dan menyuruh mereka mengisi perut mereka. Suho telah membuat persetujuan bahwa ia akan bertanggungjawab kepada para member jika suatu saat ada peringatan yang melintasi mereka, dan semenjak hari itu, ia telah memegang titel sebagai leader. Leader Suho memiliki kekuatan tetapi ia prihatin dengan selera makanan seperti-anak-SD para member yang lain. Para member suka makan ayam, pizza, dan ham hocks sebagai kudapan, dan menanggapi ini, Suho berkata, “Para member menggunakan kekuatan mereka tetapi selera mereka seperti anak-anak SD.” Suho memiliki nama panggilan lain seperti JunMen dan MyunChael, yang maksudnya Junmyun+Amen dan Junmyun+Michael. JunMen dan MyunChael berawal pada saat orang-orang mengatakan bahwa kehadirannya di panggung dan ekspresinya menyerupai santo (istilah orang suci dalam agama Kristen–red.). Ada pula Junmyun+Sungmo Maria (Santa Maria) yang membentuk Junmomaria. Suho mengatakan bahwa ia cukup puas dengan nama julukan tersebut tetapi Joynews24 tidak mampu secara utuh memastikannya.

Sebelum debut, Suho dikatakan memiliki tugas untuk berbicara dalam tim. Suho sepertinya kehilangan kata-kata setelah para member lain mulai mengambil alih, meskipun ia telah berbicara sedikit di showcase dan di wawancara ‘Music Bank’. Sang reporter berkomentar, “Kau sepertinya tidak banyak bicara belakangan ini,” tetapi ia menimpali dengan nada sedih, “Para dongsaeng sangat baik dalam berbicara sehingga aku kehilangan tempatku. Aku akan mengatur dengan lebih baik dan menjadi pilar dukungan.” Menurut para member, Suho bertugas untuk menjadi sosok yang serius, berkualitas, teladan, memimpin, dan memeluk.

Para member EXO-K memilih sisi mewah dan lembutnya, sementara ia memiliki kharisma sebagai pesona terbesarnya. Kelemahan Suho adalah kalah dalam permainan batu, kertas, gunting. Suho biasanya kalah saat mereka melakukan batu, kertas, gunting untuk melihat siapa yang akan membereskan kekacauan setelah makan snack. “Mereka melangkahi saya. Saya hanya mengalah hanya untuk para dongsaeng,” kenangnya. Kami lalu memutuskan untuk memainkan batu, gunting, kertas antara reporter dengan Suho. Sang reporter menang. Suho kemudian mengangguk kepada perkataan dongsaengnya, “Kami telah mengetahui pola batu, gunting, kertas hyung.”

 

Kai Nama lengkapnya Kim Jongin. Lahir pada 14 Januari 1994. Berdiri setinggi 182cm, ia memenangkan SM’s 10th Teenager Dance Battle Competition. Ia juga memenangkan penghargaan popularitas yang memberinya cahaya untuk sukses sebagai bintang. Ia adalah member dengan masa trainee kedua terpanjang setelah Suho. Ia berteman dengan Taemin tetapi ia telah menaklukkan banyak penggemar noona dan bibi yang berusia 20an hingga 30an, dengan penampilan dan ekspresi seksinya. Ia adalah orang dengan pesona berbahaya yang membuat orang-orang tetap memanggil ‘oppa’ di hadapannya. Kenyataannya adalah ia berada di maknae line EXO-K. Ia memiliki nama panggilan ‘Dancing Machine’, seperti dulu ia pernah dijuluki ‘dance jjang’ dengan kemampuan dance yang mengagumkan.

Nama lainnya adalah ‘Kaya Teaser’. Ia telah tampil dalam 12 dari keseluruhan 23 teaser dan merupakan member pertama yang diungkapkan dalam rangkaian teaser. Ia berada di 50% dari semuanya. Inilah alasan mengapa ia disebut ‘Kaya Teaser’. Awalnya Kai tidak terbiasa dengan nama ‘Kai’ yang diberikan perusahaan sehingga ia pun tidak dapat memanggil dirinya sendiri ‘Kai’. Ia tersenyum seperti anak keci dan berkata, “Aku menyukai sebuah anime ‘Top Blade’ dan karakter favoritku dalam anime itu juga bernama Kai. Senang rasanya memiliki nama yang sama.” Anda tidak boleh lupa bahwa Kai adalah 94line. Mari lupakan kenyataan bahwa ia tidak akan menyukai anime karena ia berusia 19 dan seorang oppa.

Hobi dan keahliannya adalah menari ballet, jazz, hip-hop, locking, dll. Dan ia mampu melakukan berbagai macam tarian. Ini adalah sebab mengapa Kai adalah poros dari EXO-K dalam hal penampilan. Kai menduduki peringkat 1 di antara member lain dalam hal kharisma. Kai senang dan mengangguk, katanya, “Saya nomer 1 dalam hal kharisma.” Suho memujinya dengan berkata, “Saya dapat merasakan kharismanya di panggung. Kulit gelapnya itu seksi. Ia baik dalam performance dan ia memiliki ekspresi untuk berlakon,” dan “Saya merinding pada bagian di music video saat Kai mendapat solo shoot di ‘MAMA’ karena itu sangat keren.”

Di sisi lain, ia menduduki peringkat bungsu dalam hal aegyo. Ini karena ia tidak memiliki aegyo. Kai bertugas sebagai keseksian dari grup. Kai berkata, “Awalnya saya tidak setuju, tetapi kini saya berhenti melakukannya dan sekarang menjalaninya.” Ia adalah seorang pria yang mampu menangkap hal dengan mudah.

 

D.O Nama lengkapnya Do Kyungsoo. Ia lahir pada 12 Januari 1993. Ia memiliki tinggi badan 174cm. Ia dan Baekhyun memiliki masa trainee tersingkat di grup, yaitu satu tahun, mulai dari 2010. Anda dapat sering menemukannya di posts dengan judul ‘Selebriti yang Menganggap Fans Memukau’. Trademark D.O adalah matanya yang mencuat ke luar saat melihat penggemarnya. Bahkan ada foto D.O dengan file bernama ‘Seorang_selebriti_peninsula_yang_menganggap_fans_memukau.jpg’.

Kecelakaan kecil D.O dengan ‘Superior Orchestra’ di ‘Inkigayo’ juga telah menjadi video terlarang D.O. Nama panggung D.O berasal dari nama belakangnya ‘Do’ dengan huruf yang diucapkan terpisah. Hobi dan keahliannya adalah menyanyi dan beatboxing. Karena mata besar dan bagian putihnya yang bersih, ia dijuluki ‘Kaya Putih’. Tidak seperti kharisma di panggung, ia sangat pemalu dan berbicara paling sedikit dalam interview ini. Saat kamim menanyakan pertanyaan spesifik, ia memutar bola matanya dan menunjukkan sedikit rasa malu yang imut. Ia sepertinya masih terpukau dengan wawancara dan penggemar. D.O terlihat seperti ia memiliki banyak aegyo, tetapi sebenarnya tidak. Menurut para member, ia hanya imut. Para member EXO-K mengatakan, “Ekspresi terkejutnya saat ia melihat fans di luar panggung sangat lucu,” “Ia tak disangka terlihat imut dalam foto-foto yang diambil oleh fans. Meskipun begitu ia tidak memiliki aegyo.”

D.O adalah ibu dari EXO-K. Ia berperan dalam memasak. Ia memberi kesan seorang ibu saat ia mengurus member lainnya. Kalau member lain sakit atau terluka, ia segera memberi obat untuk menunjukkan perhatiannya. Mampu memasak adalah pesona D.O. Para member mengatakan bahwa ia paling jago memasak spaghetti. Para member memujinya dengan mengatakan bahwa D.O serba bisa, tetapi “Ia tidak sepenuhnya bagus pada satu masakan.” Mata D.O membesar mendengar hal itu. “Ia tidak sepenuhnya bagus dalam satu hal, tetapi bermacam hal. Itu sangat lezat tetapi tidak ada yang istimewa.”

 

Chanyeol

Nama lengkapnya adalah Park Chanyeol. Ia lahir pada tanggal 27 November 1992. Dengan tinggi 185cm, ia memulai periode trainingnya di SM pada tahun 2008. Nama Chanyeol datang dari nama buah yang padat. Hobi dan ahlinya adalah memainkan instrumen dan rap, akting, bermain gitar, drum, bass, djembe, dll. Chanyeol yang sangat tingi dan memiliki penampilan seperti model, juga di sebut sebagai ‘Teeth Rich’. “Para fans juga memanggilku Nation’s Teeth karena gigiku yang hampir sempurna. Aku tidak pernah menggunakan kawat, jadi itu sangat mempesona,” dan “Tetapi gigiku cukup lemah. Aku memiliki gigi yang rusak sewaktu itu ketika sehabis makan ayam dan tidak sengaja malah menggigit garpu dan sumpit.” Chanyeol sekarang lebih memperhatikan gusinya. “Aku ingin menjadi bintang iklan sebuah permen karet atau pasta gigi”.

Ia memiliki mata yang bulat dan penampilan yang ramah, tetapi ia cukup kompetitif dan tidak menyukai kekalahan. Karena itu, ia pasti sering menang melawan Suho ketika sedang memutuskan siapa yang harus membersihkan dorm. Chanyeol menganggap dirinya sebagai happy virus EXO-K. Chanyeol terlihat cukup puas dengan kebahagiaan yang ia berikan kepada fans. “Aku memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang. Nama panggilanku sebelumnya adalah ‘Explosive Chemistry’. Menurut Kai, Chanyeol dideskripsikan seperti, “Pertamanya aku bingung. Baekhyun-hyung datang terlambat, tetapi aku bisa menjadi dekat dengan Chanyeol-hyung dalam satu hari saja. Ia memiliki chemistry yang sangat baik dengan orang-orang.”

Penampilannya yang lucu: “Menurutku sekarang adalah poin pesonaku, tetapi ketika aku kecil, aku sering berpikir kalau telingaku adalah hal yang paling kubenci,” Chanyeol berkata. Ia juga bilang, “Aku sering dipanggil karena telingaku jadi aku tidak mau melubangi terlingaku karena itu mungkin akan menjadi lebih terlihat jelas, ” dan “Aku tidak tahu apa yang akan terjadi sekarang, tetapi aku tidak mau melakukannya.” Chanyeol berada diperingkat teratas untuk ‘paling aegyo’, dan untuk itu, ia berkata “Kalian akan merinding mendengar suara kecil yang aku buat, rasanya seperti kalian sedang menggali sebuah lubang.” Ia memberikan senyuman yang manis dengan aegyonya. Karena kalian akan merinding, sebenarnya aegyopun tidak perlu.

Kecemasan Chanyeol yang lain adalah ia tidak bisa berkarismatik walaupun ia sudah mengubah ekspresinya. Ketika ia mencoba membuat wajahnya terlihat tangguh di musik video, produser mengatakan jangan seperti itu. “Produser menyuruhku untuk melakukannya dengan wajah yang kayu,” dan “Lagunya sangat, sangat bagus tetapi aku ingin menyanyikan lagu yang lebih bersinar lagi.” Chanyeol bergabung dengan EXO-K melalui cinta dan kegagahannya. Ia menunjukkan keyakinannya dengan berkata, “Keenam member EXO-K bertanggung jawab atas visualitas,” dan “Itu merupakan sebuah neraka semut. Kalian tidak bisa melarikan diri.”

 

Sehun

Nama lengkapnya adalah Oh Sehun. Ia lahir pada tanggal 12 April 1994. Tingginya 181cm. Ia lahir ditahun yan sama dengan Kai, tetapi faktanya ia adalah maknae EXO-K. Ia di cast sebagai trainee SM pada tahun 2008 dan bersiap-siap untuk menjadi penyanyi. Hobi dan keahliannya adalah menari dan akting. Panggilannya adalah ‘Noona Rich’. Tidak hanya karena ia memiliki seorang kakak perempuan, tetapi juga karena ia adalah maknae di grup. Ia dipilih sebagai member terlucu.

Para member melihat Sehun dengan tatapan kasih sayang. “Ia sangat lucu sampai kami tidak dapat menghukumnya. Sisi sembrononya sangat menggemaskan.” Tetapi Sehun terlihat kosong mendengar kata-kata mereka yang menyebut kalau ia lucu. Sehun merespon, “Menurutku aku tidak lucu,” dan “Aku tidak suka disebut-sebut cute. Aku ingin disebut keren.” Fans, ayo semua panggil Sehun ‘keren’ dan ‘karismatik’ kalau kita melihatnya. Lalu Sehun memberikan senyuman lebarnya layaknya bunga.

 

Menurut para member, Sehun adalah visualnya EXO-K. Para member memberi acungan jempol untuk visual Sehun dan Sehun berkata, “Tidak benar menyebut diriku sendiri sebagai visual EXO-K ketika para hyung lebih tampan,” dan merasa malu. Daripada menyebut dirinya tampan, ia berkata “Aku memiliki punggung yang panjang,” dan para member berkata “Sekarang menggunakan celana longgar adalah sebuah tren, tetapi bagi Sehun itulah penampilannya, meskipun itu sangat cocok.

Para maknae Kai dan Sehun memiliki sesuatu hal yang sama. Mereka terlihat lebih dewasa daripada umur yang sebenarnya. Sehun tidak terkejut dengan kata ‘terlihat tua’ dan pernah berkata di sebuah radio show, “Para noona tidak boleh memanggilku oppa,” dan membuat para noona dan fans tante-tante hancur. Sepertinya Sehun akan mengambil peran Choi Hyojong di Gag Concert di bagian ‘Affection Man’. Ia akan memperjelas sesuatu yang tidak jelas.

Baekhyun

Nama lengkapnya adalah Byun Baekhyun. Ia lahir pada tanggal 6 Mei 1992. Tingginya 175cm dan merupakan yang terakhir bergabung dengan EXO-K setalh casting pada tahun 2011. Baekhyun adalah member yang debut tercepat di SM. Ia memulai periodenya sebagai trainee setelah di cast setelah ia mengikuti ujian masuk universitas. Ia masuk dengan kemegahannya melalui showcase pada 8 April 2012. Teaser pertama Kai terungkap pada tanggal 23 Desember 2011 dan pada tanggal 29, EXO-K Kai dan EXO-M Luhan, Tao, dan Chen tampil di SBS Gayo Daejun. Kami tidak bisa mengatakan berapa banyak waktu yang Baekhyun habiskan untuk latihan. Baekhyun bertanggung jawab atas ‘kkab’ di EXO-K. Kkab Baekhyun terlihat di banyak video tetapi Baekhyun tidak berlatih untuk kkab hanya untuk video seperti itu. Sekarang, kami ingin melindungi hak Baekhyun karena ia adalah bagian dari Super Idol EXO.

Kemiripan yang ia miliki dengan Chanyeol adalah ‘chemistry antar sesama’. Ia mampu menjadi dekat dengan para member di waktu yang sangat sedikit. Namun, BAekhyun adalah member yang paling tertutup tentang dirinya sendiri. Ia sering berbicara tetapi mengenai member lain atau EXO. Ia mengenal para member dengan baik dan menunjukkan kalau ia dekat dengan mereka. Hobi dan keahliannya adalah hapkido dan paino. Baekhyun adalah tipe yang akan berkata apapun ketika interview pertamanya, dan ketika fansign ia terkejut karena ada seorang fans yang memakai topeng wajah Chanyeol. Hobinya yaitu ‘hapkido’ terlihat cukup mencurigakan, tetapi lewatkanlah. Baekhyun mengaku, “Mereka terus menerus memintaku untuk bbuing bbuing ketika fansign dan aku merasa kuatir dan sulit untuk melakukannya.” Lain waktu, mari meminta aegyonya daripada bbuing bbuing. Di grup, Baekhyun juga termasuk yang paling suka berbicara dan berisik. Para member membongkar tentang Baekhyun sedikit. “Ia sangat berisik dari malam sampai pagi. Ia selalu berkata ‘Ah~’”. Ia termasuk bagian hyung di grup tetapi juga maskot terlucu.

 

Source: Joynews Bahasa translation: kareless @ EXOnesia English translation: sunnybun @ CODE:EXO Reup: jean22s @ CODE:EXO Editor: luluhyung @ CODE:EXO

Iklan

7 Tanggapan to “EXO Joynews Interview “Kalian Tidak Bisa Meloloskan Diri Dari Pesona Kami””

  1. annisa 18 Oktober 2012 pada 2:41 PM #

    d.o oppa dan baekhyun oppa ganteng banget yg lain jg ganteng bgt

  2. kim youna 15 September 2012 pada 6:06 PM #

    byun baekhyun saranghaeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  3. fitri 21 Juli 2012 pada 3:12 PM #

    daebakk……

    EXO HWAITHING….

  4. kinanti02 17 Juni 2012 pada 9:54 PM #

    suho ssaranghae

  5. KimHyunAe29 14 Juni 2012 pada 8:23 PM #

    Reblogged this on Hyun Ae.

  6. Loren_baekExotic 13 Juni 2012 pada 1:11 PM #

    Hwaa,. oppa klian mmng daebak,
    aq akan sellu mncintai kalian ^^
    saranghae EXO
    saranghae baekhyun ^^

  7. devhee 12 Juni 2012 pada 10:37 PM #

    Cool! Exo oppa-deul hwaiting!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: